First Solo Journey : Melaka

One journey DONE!

Setelah dua minggu sejak gw efektif resign dari kantor, dimana kerjaan sehari gw cuman gabut ga jelas dan ngusel-ngusel tiduran, akhirnya rencana perjalanan perdana gw-pun jadi. Dari tanggal 29 Agustus sampe 02 September 2019, gw travelling ke negara tetangga Indonesia yang masih satu rumpun. Yes, welcome to Melaka.


Di perjalanan ini, gw nggak terlalu fokus sama tujuan. Biasanya nih, gw tipe yang harus tau sedetil mungkin tujuan atau tempat wisata yang mau gw datengin. Gw bakal research semua tempatnya, harga tiketnya berapa, jam bukanya kapan, jaraknya dll. Kalo bikin itienary tuh sampe per-menitnya harus jelas trus disusun biar waktunya se-efisien dan se-efektif mungkin. Biasanya, itu Alan yang perfeksionis tapi ngga sekarang. Apakah gw berubah? Sebenarnya antara males dan pasrah gitu sih tapi bener perfeksionis itu capek. Nggak full berubah sih, masih perfeksionis tapi nggak self blaming ketika perfection-nya ngga tercapai. Jadinya di perjalanan ini gw hampir ga punya list buat harus liat apa, trus kesini atau kesana. Ada sih, tapi rough draft banget sampe-sampe kalo diceritain mungkin pada bilang "Sayang banget jauh-jauh cuman kesitu-situ doank" atau "Ngapain ngelakuin hal yg bisa dilakuin dirumah" bla bla bla. Karena hampir 80% waktu gw habisin buat perjalanan, diem, reflecting atau tidur.

Capek dikit, pulang ke dorm. Trus tidur.

Gw  belajar untuk nyaman sama diri gw sendiri. To feel okay to be alone. To feel okay to do what I want to do. Meskipun itu hanya duduk dipinggir taman sambal dengerin musik dan baca buku. Di Melaka-lho. Jauh banget ke luar negeri buat dengerin musik dan baca doank. Tapi dari sini gw belajar persektif baru, kalo the real vacation buat gw itu ya gitu, do nothing dan enjoying the time. Dikesempatan jalan-jalan gw yang sebelumnya, mau sama temen kampus atau sama kantor pasti gw ngerasa burn out. Pas pulang tuh pasti capek banget. Seru sih. Jalan-jalan iya. Nyantai nggak. Nah sekarang gw ngerasain yang namanya nyantai itu gimana, gw jalan ketika lagi semangat, berhenti untuk duduk dan bengong doank buat istirahat, dan pulang ketika capek. Waktu hari jum'at, tanggal 30 Agustus, gw seharian dari sholat Jum'at sampe maghrib di Mesjid Selat Melaka. Ngapain coba, duduk aja, bengong. Sama sholat ding trus ngeliatin orang. Besokannya gw nonton pawai hari kemerdekaan Malasyia. Karena rame banget, gw cepet capek dan siangnya balik ke dorm, tidur siang. Positifnya adalah gw ga kecapean karena gw punya banyak waktu istirahat physically dan buat recharge emotionally. Amazing, exactly the kind of travelling that I need.

Ngapain? Bengong lah.

Jadi memang tujuan gw selama gap time ini buat reflecting gitu. Bukan seberapa banyak tujuan wisata yang gw datangi, seberapa banyak foto bagus yang gw ambil. Gw cuman mau refleksi dan let my mind wander, to be what they want to be. Kayak di batu cave, tiba-tiba bikin karakter fantasi tentang ras pilgrim yang tinggal di gua batu macam gitu, dengan burung-burung merpatinya. Kali aja mimpi menulis novel fantasi gw bisa terwujud.

Jadi apa yang gw peroleh dari perjalanan ini? Yang pasti gw punya travelling story, imajinasi baru, dan ketenangan batin. Mungkin akan ada part 2-nya untuk yang kepo pengen tau lebih detail gw ngapain aja. Thanks Melaka buat tangan, pipi dan hidung gw yang terbakar. See you next time.
"It's about the journey not the destination."

Comments

Popular Posts