Melaka : A Chronological Journey (1)

Rabu, 28 Agustus 2019

Ngelanjutin post sebelumnya tentang perjalanan gw ke Melaka, technically perjalanannya dimulai dari hari Rabu, 28 Agustus 2019. Jadi demi meminimalisir biaya tiket pesawat, gw sengaja ambil jadwal keberangkatan yang tidak mainstream yaitu jam 3.10 dengan tujuan Singapore. Tujuannya adalah Pokemon Centre! Yes, gw udah kebelet banget pengen kesini begitu denger beritanya karena satu-satunya Pokemon Center di Asia selain di Jepang ya disini, di Jewel Changi. Awalnya gw ga peduli sama Jewel Changi yang terkenal dengan air terjun indoor tertinggi didunia, arsitektur modern dan hutan indoor yang keren itu. Begitu sampe di Singapore, gw langsung buru-buru ke TKP dan langsung speechless. Gw terlalu underestimate! I mean, gw udah pernah ke Garden by the Bay sebelumnya dan liat air terjun disana. Bagus, tapi gw sebagai anak Bogor Indonesia yang namanya curug ya gimana sih, curug aja gitu. Bagus tapi ga sampe wow gitu. Nah pas di Jewel, itu bener-bener woow pake o dua. Mungkin karena gw sampe sana senja gitu ya, jadi ambiennya temaram-temaram dan lampunya baru nyala. Trus keren karena air terjunnya bentuknya lingkaran, ga ada cuy di Bogor Indonesia curug bentuknya lingkaran. Satu lagi, tempatnya mendukung banget buat duduk-duduk sambil bengong. Disekeliling air terjun disediain tempat duduk, macem tangga kayu gitu plus tanaman-tanaman macem hutan hujan tropis. Pewe! Buat yang ga suka bengong, bisa trekking ala-ala ke bagian atas ngelewatin hutan-hutan tadi sambil nyari spot cakep buat foto dengan background air terjun. Kalo punya dana lebih, bisa juga kelantai paling atas (lewatin mall dulu) karena ada beberapa wahana yang bisa dicoba. Sayang waktu itu wahananya dalam perbaikan jadi gw ga sempet nyobain. Nah, yang hobi belanja bisa melipir ke mall-nya, gw ga tau ada toko apaan aja karena gw cuman fokus ke Pokemen Centre trus cabut. Mohon maaf bukan anak mall, anak curug saya mah.

Curug dan hutan indoor
Abis foto-foto di curug lingkaran atau nama kerennya Rain Vortex, buang-buang uang beli eevee trus foto sama lapras, gw lanjut bengong nongkrong di Rain Vortex. Kebetulan banget sekitar jam 8 atau jam 9 ada light show-nya gitu. Sekalian ngabisin waktu karena fyi malemnya gw berencana nginap di bandara dan baru besok pagi lanjut ke Melaka. Sempet ditanya sama petugas imigrasi, "Sudah pesan bilik malem ni? Tidak? Hoo jalan-jalan je ya". Tidak semudah itu Ferguso, gw udah searching tempat terbaik untuk tidur di Changi dimana *evil laugh* Abis nongkrong ampe bosen, gw ke Burger King di Departure Hall yang katanya salah satu best place untuk nginep karena buka 24 jam dan bisa sekalian makan malem. Gw tungguin sampe jam 11 lewat kok masih rame aja padahal kaki udah pegel minta diselonjorin. Akhirnya dengan berat hati gw ke best place selanjutnya yaitu Viewing Gallery dan yess, kosong. Ada satu dua orang yang ternyata punya tujuan sama kayak gw. Gw buru-buru meng-claim belakang tiang yang masih kosong sebagai lokasi tidur malam ini. Ngemper aja dilantai, tidur sih tidur tapi ga nyenyak karena was-was dibangunin satpam. Alhamdulillah sampe jam 5 ga ada insiden yang terjadi dan gw langsung bangun buat siap-siap otw.

Umbreon

Kamis, 29 Agustus 2019

Sekitar jam 6 lewat, gw udah di stasiun MRT Changi dengan tujuan halte Bugis yang mana halte terdekat dengan Queen Street Terminal. Jadi gw akan melanjutkan perjalanan ke Melaka naek bis 707 yang udah di booking online sebelumnya. Perjalanan dari Changi ke pusat kota termasuk mudah, rutenya ga muter-muter. Tiket MRT bisa dibeli di ticketing machine yang ada distasiun dan langsung pilih stasiun tujuan. Harganya otomatis, siapin aja uang kecil pecahan $5 atau 2$. Oya, biasanya ada ticketing mesin yang khusus untuk top-up card aja dan ga bisa cash jadi jangan bingung ya. Perjalanan sekitar satu  jam dengan satu kali transit di stasiun Tanah Abang eh Tanah Merah. Btw, rute MRT dari dan ke Changi cuman ada satu yaitu Tanah Merah - Changi jadi mau ga mau harus turun disitu dan lanjut ke rute tujuan lainnya. Habis itu pilih green rute, yang mana turunnya dari pintu sebelah kiri MRT, jangan ketuker turun ke sebelah kanan karena malah berlawanan arah dari pusat kota. Nanti ada satpam yang ngingetin kok. Lebih detail bisa kesini.

Stasiun MRT Changi. Hint-nya "Train to City"
Jam 7.30 gw udah sampe di Bugis. Gw punya waktu dua jam setengah sebelum jadwal keberangkatan bis jam 10 nanti. Gw-pun sarapan (mcd) di bugis, ngeliatin koko-koko nyiapin dagangannya, bengong ngeliatin lampion dan shrine kecil deket Albert Centre. Trus gw jalan kaki ke Kampoeng Glam, muter-muter sekitar Masjid Sultan dan foto-foto. Baru jam 9 gw udah semangat banget langsung jalan ke Queen Terminal buat check-in, nyampe sana malah dibilang please comeback jam 10 kurang 15 -_-" Rencananya mau duduk aja diterminal (kayak di indonesia) tapi ternyata tempatnya cuman kios dipinggir jalan gitu dan ga ada tempat duduknya. Mungkin karena bis-nya tepat waktu ya jadi yang nunggu bisnya bukan orangnya. Akhirnya gw balik ke halte bugis dan nemuin bangku taman buat baca buku. Jam 10 kurang gw ke halte bis lagu dan langsung naek ke bis yang udah nungguin. Bisnya enak, bangkunya 2-1 gitu dan gw pastinya pilih bangku yang sendirian. Ruang selonjoran kakinya luas, bisa dimiringin sepuasnya dan bersih.

Ga tau ini apaan. Bagus aja.
Perjalanan normal Singapore - Melaka sekitar 4 jam tapi bisa jadi lama karena ngelewatin imigrasi dulu. Gw kemarin sampe 45 menit ngantri di imigrasi karena rame banget parah. Begitu selesai langsung lari-lari ke bis takut ditinggal karena aturannya akan ditunggu paling lama 30 menit. Bener aja pas sampe bis gw diomelin sama supirnya sambil nunjuk-nunjuk papan peraturannya. Gimana donk, mohon maaf gw juga ga bisa ngapa-ngapain. Padahal barengan gw tuh ada dua orang cewek Philippines tapi ga tau nyelak antrian atau gimana mereka cepet banget antrinya padahal pas start-nya barengan. Karena bete akhirnya gw tidur aja wkwk. Sekitar jam 3 gw udah sampe di terminal, Melaka Sentral, tapi karena gw pilih turun di deket dorm di daerah Jonker Street baru sampe jam 4-an. Dituruninnya terakhir. Langsung check-in ke dorm karena udah asem banget belum mandi dan dorm-nya sepi banget (yess!). Cuman ada bule dua orang ceunah, "Ga takut kan?" kata makcik resepsionisnya. Ih seneng malah. Makciknya baik, orang India gitu, sempet basa-basi sikit pake bahasa melayu, ngobrolin tsunami sama dewa yang bikin gempa atau tsunami. Cool. Sisa hari gw istirahat aja dan makan malem ikan asem pedas deket dorm. Gw-pun tidur lebih cepat buat bales dendam abis tidur dilantai dingin Changi. Tapi nyesel ga? Nggaak, karena besoknya masih ada jalan-jalan dikota Melaka. Selanjutnya klik disini.

Muka bantal abis tidur dilantai