Self Odyssey : Bandung

Setelah menunda-nunda dan menimbun lemak selama sebulan, gw akhirnya me-realisasikan dream trip yang sebenarnya udah dimimpiin dari taun jebot ini. Proscinating itu udah mendarah daging, alasannya cuman lagi asik banget maen Monster Hunter padahal sebenarnya takut-takut karena terlalu ber-ekspektasi harus gini gitu. Ulang tahun gw kayak jadi deadline, jalan now or never! Langsung packing buru-buru dalam sehari dan cus ke kampung rambutan. Gara-gara itu beberapa barang essential buat perjalanan jauh-pun kelupaan. Baru beli padahal. *sedih* Setelah drama ngetem 2 jam, mogok di karawang 2 jam, sampelah gw Bandung. Halo, tanah kelahiran.


Bandung selalu jadi tempat khusus dihati gw. Like a forgotten dream from my childhood. Full of a longing memory. Waktu pindah ke sumatera, setiap kali ngisi biodata tempat lahir atau ada yang liat tempat lahir gw, pasti terngiang 'Bandung ~ Bandung'. Seolah-olah Bandung udah ke-brandmark dalam diri gw dan selama apapun gw tinggal di Sumatera, gw ga bisa move-on. Mungkin buat keluarga gw, masa-masa tinggal di Bandung adalah salah satu masa perantauan yang berat hingga akhirnya memutuskan pulang ke Sumatera, but for me honestly it is one of my happiest memory.
Jadi gw pilih Bandung bukan buat wisata, tapi buat napak tilas. Seharian gw ngabisin waktu di Alun-alun Bandung. Mandangin Gedung BRI, kantor bokap gw dulu, yang jadi background disalah satu foto masa kecil. Ga inget sih pernah maen atau foto disitu, mungkin karena udah berubah banget. Bengong sama keluarga-keluarga yang piknik sama anak-anaknya. Nonton-in acara joget bareng anak kecil pake lagu "ntah apa yang merasukimu". Feeling the atmosphere and enjoying their excitement. Bahagia itu sederhana.

Next day, gw naek angkot ke Cangkring, Baleendah. Salah satu lokasi rumah dan SD gw dulu. Nama panggilannya gunung. Jadi sebelumnya gw tinggal dan sekolah didaerah Mekarsari, Baleendah trus pindah ke daerah Cangkring. Nah, waktu pertama kali pindah gw sama nyokap jalan kaki abis naek angkot. Karena jalannya nanjak, trus gw anaknya bawel nanya mulu, "Ma, kita mau naik kemana ma?", nyokap gw bilangnya, "Kita mau naik gunung." Jadi-lah naek gunung pertama kali gw.

Waktu kecil gw demen banget ikut jalan kaki gitu meskipun capek. Nyokap gw yang malah ga ngebolehin karena takut gw-nya capek padahal gw excited aja. Jadinya gw jarang banget naek-turun gunung padahal nyokap dan kakak gw sering banget. Btw, uniknya kakak gw beda sd sama gw waktu itu. Karena dia udah lebih gede, dia milih sd-nya mau di SDN 4 Cangkring yang pas ada dibawah gunung. Trus gw masuk SDN Margaluyu yang biasanya dipanggil SD Curug, yang deket banget sama rumah. Jadi waktu kecil gw taunya rumah di gunung, sd di curug. Fix anak bolang.

SD Curug
Dengan alasan morning trekking, gw-pun kesana lagi. SD-nya kakak gw masih ada tapi sekarang dikelilingi Alfamart dan Indomart. Gw ga terlalu inget pemandangan waktu nanjak, yang keinget cuman TPS Cangkring doank. Dulu kayaknya masih bukit hutan atau kebon deh, sekarang beberapa tempat jadi penggalian batu. SD Curug gw masih ada. Gedungnya masih sama cuman direnov dikit dan dicat ulang. Pohon beringin gedenya udah ga ada padahal itu tempat favorit gw karena sepi dan adem. Sekarang jadi rame sih, udah banyak kompleks. Padahal dulu bukit-bukit belakang sekolah itu kebon tempat gw bolos sekolah. Seru sih. Ada banyak cerita disini, gw lupa dua caturwulan atau 2 tahun pernah tinggal disini. Tentang bolos sekolah, kue putu, adu kemiri, gerhana matahari, undur-undur, kakak gw kerasukan, dan lainnya.

Jadi Bandung buat gw itu bukan tentang kotanya, tapi tentang memori manis dipojokan kabupaten bandung yang sering terlupakan. It was a starting point of my life, as it is a starting point for my odyssey right now.

Comments

Popular Posts