Overland Jawa Timur : Open Trip

Beberapa minggu yang lalu gw ikut open trip Wuki Travel ke Jawa Timur. Nama tripnya overland karena bener-bener hampir nge-jelajahin Jawa Timur dari ujung ke ujung. Puas banget dimobil sampe pegel-pegel. Kebetulan total yang ikut cuman tujuh orang jadi mobilnya Innova aja dan sebagai satu-satunya cowok, gw harus duduk didepan nemenin tour guide sekalian driver kita. Gw agak sensitif sebenarnya duduk disebelah supir, berdua doank gitu dan ga kenal-kenal banget lagi. Masalahnya perjalanan jauh dan bakal banyak ngabisin waktu dimobil. Almost no time alone. Personal space gw direnggut. I mean, 8 orang di-sardenin kekotak kecil ukuran 2x1m wajar aja kalo gw agak cranky. It's not easy to open up especially with new people. Masalah terbesarnya bukan itu sebenarnya tapi selalu ada ekspekstasi kalo cowok duduk depan itu harus ngobrol, kayak misi keselamatan supaya yang nyupir ga ngantuk. Jujur, gw ga bisa. Gw bukan tipe yang gampang cari bahan obrolan dan bahas sesuatu panjang lebar. Gw juga selalu ngantuk kalo dimobil, sedeket apapun jalannya.

Ngeshare pengalaman buruk, gw pernah self blaming karena ga bisa menuhin ekspektasi itu. Gw ngantuk parah tapi karena ga enak kalo tidur, gw berusaha sebisa mungkin melek-melekin mata dan nyubit paha, tersiksa. Gw pikir karena gw ga bisa ngobrol, minimal gw kasih kontribusi dengan ga tidur. Jadinya gw kayak orang ngantuk berat pas lagi perang, merem dikit langsung kaget berasa disetrap. Parahnya lagi perjuangan gw ga dianggep sama orang lain, gw langsung dicap "Ah, Alan mah tidur", anjir pengen ngomong kotor rasanya tau gitu gw beneran tidur aja tanpa rasa bersalah. Gw merasa ga guna, merasa kayak sampah. Trauma masa kecil pun langsung ke-trigger. Pas nulis ini aja ke-trigger, langsung kepikiran panjang. Huft. Sekarang sih udah mendingan, gw ga nyiksa diri gw lagi. Bisa bilang dalam hati, maaf gw ga akan memaksa diri gw untuk memenuhi ekspekstasi atau stereotipe yang sebenarnya bukan gw banget. Gw ga merasa jadi sampah lagi dan gw bisa pilih untuk ngasih kontribusi lain yang ga ada beban mentalnya.

I am a slow learner, it's true, but i learn ~ Sansa Stark

Btw, mohon maaf ini cerita open tripnya kenapa jadi curhat ya. Random banget wkwk. Nih gw kasih foto Baluran aja.

I believe I can fly
Jadi gw start dari Jakarta - Pasar Senen hari jum'at jam 14.00 naek kereta Kertajaya ke Surabaya - Pasar Turi. Keretanya enak, macem eksekutif tapi ga mahal-mahal banget. Bangkunya 2-2, ruang kakinya luas dan bisa dimiringin. Colokan tersedia tiap bangku. Betah-lah, ga perlu airplane mode jadi bisa online teruss. Kita sampe di Pasar Turi hari sabtu sekitar jam 01.45 dan jemputan udah nunggu disana. Begitu personil lengkap langsung cus Surabaya - Banyuwangi, dengan perjalanan sekitar 6 jam dengan tujuan pertama Taman Nasional Baluran. Julukan Little Africa in Java emank ga salah buat Baluran. Sabana luas berlatar belakang gunung Baluran jadi point of view menarik yang jarang ditemui di Indonesia. Pemandangannya keren banget. Sayang kita nyampenya pagi nanggung, karena katanya kawanan kerbau ditengah hari atau rusa di sore hari suka dateng ke kubangan air ditengah sabana buat minum. Macem adegan Simba di water hole gitu ye. Sayangnya kita cuman sebentar banget di Baluran padahal masih ada penangkaran banteng yang belum sempat dikunjungi. Next trip, puas-puasin lah.

nyari keong dipantai
Dari Baluran kita menuju Watu Dodol buat naek getek kapal ke Pulau Menjangan. Uniknya meskipun secara wilayah Watu Dodol ini masuk Jawa Timur tapi secara waktu udah masuk Bali atau WITA. Waktunya beda sejam padahal cuman beda beberapa km aja. Dari Watu Dodol ke Pulau Menjangan sekitar 1,5 jam. Pulau Menjangan ini masuk Taman Nasional Bali Barat. Dinamain menjangan karena ada menjangan atau rusa yang berkeliaran disini. Kemarin menjangannya pada sembunyi padahal pengen minta foto dipantai berdua. Tapi ngga kecewa, karena kita snorkeling didua spot disini. Spot pertama terumbu karangnya kece, spot kedua ikannya cakep - cakep. Ga pernah bosen kalo snorkeling mah. Abis snorkeling kembali ke Watu Dodol buat bersih-bersih trus maen-maen dipantai sambil nungguin sunset. Abis sholat Maghrib, lanjut lagi kearah Banyuwangi untuk ke Ijen. Kita sempet mampir ke Waroeng Kemarang Banyuwangi, nge-wedang cantik sambil nikmatin tarian dan kesenian tradisional jawa lainnya. Gedungnya mirip joglo gitu dengan tema rustic.

Dari sini lanjut ke Paltuding, pintu gerbangnya kawah ijen buat parkir mobil dan istirahat. Rencananya hari minggu jam 1 pagi nanjak tapi tidurnya agak molor. Bangun langsung siap-siap pake peralatan gunung dan melawan dingin nanjak ke Kawah Ijen 3 km. 1 km pertama masih pemanasan, nanjaknya ga seberapa dan masih kuat juga . Difficulty-nya normal lah ya. Masuk 1 km lewat mulai nightmare, beberapa tanjakan curam muncul tapi masih semangat sambil baca mantra, nafas, nafas, nafas. Saking fokusnya ngatur nafas ga sadar kalo udah kepisah sama rombongan lainnya, gw jalan sendiri aja akhirnya. 1,5 km selanjutnya semuanya tanjakan. Jalan agak-agak sempoyongan dan berhenti tiap 15 menit. Senter gw kurang terang lagi jadi ga kokoh ngambil langkahnya. Difficulty Hell! Untungnya setelah ngelewatin titik kritis 2 km, jalannya mulai balik lagi ke normal sampe atas ke Kawah Ijen. Gw penasaran banget sama blue fire-nya ijen makanya pas sampe atas liat orang-orang pada semangat turun lagi ke kawah, gw-pun ikutan padahal udah jelas-jelas ada papan tulisan "Dilarang turun ke kawah selain penambang!". Wajar aja, turunannya curam banget sampe ditengah jalan akhirnya gw nyerah ga lanjutin ampe bawah. Akhirnya naek lagi meskipun capek banget kayak mau mati. Pengen sih balik lagi demi blue fire dan sunset-nya yang belum dapet.

Kawah Ijen
Setelah bergulat dengan maut di Kawah Ijen, rombongan melanjutkan perjalanan ke Bromo. Mampir sebentar di Bakso Probolinggo dan memenuhi last wish makan bakso anget-anget. Bales dendam karena hampir mati tadi. Kira-kira sejam perjalanan akhirnya sampe juga di Panji Homestay setelah dua malam tidur dikendaraan. Homestay-nya ada di kecamatan Sukapura, Probolinggo yang mayoritas penduduknya beragama Hindu. Kebetulan waktu itu lagi ada perayaan Karo jadi didepan setiap rumah ada janur kuning yang biasanya identik sama nikahan. Karo adalah hari raya keagamaan umat Hindu Tengger yang digelar setiap tanggal 15 bulan kedua kalender suku Tengger. Di homestay langsung pada tumbang kecapean. Gw sebagai satu-satunya cowok, dapet extra bed ditengah ruang tamunya sendirian. I am not complaining, cuman ga suka aja kalo motifnya karena gw cowok jadi bisa digampangin atau se-enaknya aja trus pake stereotipe cowok harus kuat, ga boleh milih-milih. Bleh. Sensitif aku kalo di-stereotipe-in gitu. Tapi ga masalah, gw tetep tidur nyenyak banget karena udaranya dingin trus sambil selimutan. Sampe dibangunin terakhir pas udah mau jalan paginya.

Lautan pasir Bromo
Hari senin jam 3 pagi, kita naek jeep ke kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Hunting sunrise di King Kong Hill dengan background lautan pasir dan bromo.  Lanjut eksplore dan foto-foto didepan Gunung Widodaren, Gunung Batok, Pasir Berbisik dan Bukit Teletubbies. Jadi kompeks pegunungan Tengger ini unik banget karena awal terbentuknya dari kaldera super besarnya gunung Tengger yang berketinggian sampe 4.000 mdpl, lebih tinggi dari Semeru. Kalo dibandingin, Bromo yang sekarang itu cuman cucunya dan masih anak kecil. Bayangin letusannya dulu se-serem apa sampe kalderanya seluas itu. Trus didalem kalderanya sendiri terjadi berkali-kali aktivitas vulkanis (kerucut terbentuk trus meletus) sampe akhirnya jadi kayak sekarang ada enam kerucut gunung api, yaitu Widodaren, Segoro Wedi Lor, Segoro Wedi Kidul, Kursi, Batok, dan Bromo. Cuman gunung Bromo yang masih aktif. Saking uniknya, kawasan ini sering jadi bahan penelitian dan bahasan artikel geologi. Yang suka baca beginian bisa mampir ke website ini atau ini. Hikmahnya adalah bencana alam besar yang dulu pernah terjadi bisa berupa anugerah buat orang-orang dimasa depan. Tanahnya jadi subur dan penuh penduduk. Pemandangan yang cakep parah bikin wisatanya kenceng. Bersyukur banget karena bisa nyaksiin ciptaan Allah dan keajaiban alam yang luar biasa. Overall, lokasi mvp ter-kece buat gw adalah bukit Teletubbies karena so otherworldly. Gw berasa kayak ada di Breath of the Wild. Bikin penasaran pengen trekking ke puncak bukit-bukitnya kali aja nemuin Korok. I think i fall in love with those hills.

Bukit Teletubbies
Puas di bromo kita langsung check-out homestay dan otw tujuan terakhir, Air Terjun Madakaripura. Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia. Air terjun ini juga dijuluki air terjun abadi karena debit airnya ga pernah berkurang dan selalu melimpah. Pantesan aja jadi tempat petilasannya mahapatih Gajah Mada. Ngomongin panorama, lokasi ini juga mvp ter-kece karena letak air terjunnya yang ada diujung lembah sempit dan untuk kesana harus ngelewatin sungai kecil sambil diguyur tetesan air dari tebing-tebing curam diatasnya kayak lagi hujan. Wajib bawa jas hujan kalo ga mau basah kuyup. Curug terkeren yang pernah gw datengi. Nilai plus juga buat kisah sejarahnya. Pengen nyobain berenang di curugnya, kali aja dapet kekuatan kayak panglima Gajah Mada. Buat gw ga ada ending terbaik selain mystical and beautiful place untuk menutup perjalanan ini. Air Terjun Madakaripura simply straight out of fairy tales.

Begitulah cerita open trip kali ini. I learned a lot about places, peoples and most importantly about my self. Kesimpulannya, this open trip was a success!