Anxiety & Overthinking

Ga bisa tidur!! Anxiety dan overthinking, strikes again!
Kebiasaan ketika terlalu banyak hal - hal yang sifatnya surprise dan diluar kendali pasti mulai kena dua penyakit ini.
Jadi hari ini abis daftar rekrutmen ptpn, trus belum kelar karena nunggu surat keterangan belum menikah dari kampung yang lagi diurusin bokap padahal deadlinenya sabtu ini. Anxiety, takut ga keburu bla bla bla panjang. Trus kepikiran nanti interviewnya online tanggal 09 gw kemungkinan masih di Bali harus cari tempat enak untuk skype sampe ngebayangin pas diinterview dan cara jawabnya gimana. Panjaang dramanya. Kenapa resign? Sekarang lagi di Bali? Apa motivasi kamu memutuskan resign dan jalan - jalan? Gw sampe dapet jawaban tiga motivasi lho. Panjang - panjang lagi. Kapan tidurnya sayaa.. Dan panik karena ga tidur - tidur padahal besok pagi harus ngejar kereta ke Bali jam 6. Was - was juga ini ruko tempat gw nginep, jam segitu udah dibuka atau belum jerujinya. Mikirin ke stasiun naek apa, ojol udah ada apa belum, atau becak? dan seterusnya. Ah capek overthinking tu.
Makanya sebelumnya gw lebih suka ga mikir dan ga ngapa-ngapain karena kalo ngelakuin sesuatu jadi panjang dan capek sendiri. Tapi gpp, gw sekarang justru belajar dan nyoba nikmatin prosesnya. Emank udah sifat gw begitu. Daripada kabur mulu, ngelak, ngeles dan pas kambuh malah jadi berlebihan, gw belajar untuk menerima. Nikmatin. Dialihin aja tenaganya, nulis. Biasanya kalo capek nanti tidur sendiri, meskipun tidurnya ga bakal nyenyak. Setiap jam kebangun, ngecek jam, takut kesiangan. Jadi mungkin anxiety gw itu muncul dari ekspekstasi perfectionism yang pengen semuanya berjalan sesuai rencana. Mungkin sesekali harus kesiangan supaya ngerasain ketika terjadi diluar rencana tu it's okay. Jadi ga panik. Atau mungkin harus disetting aja, bikin planning sendiri trus gw gagalin planningnya. Wkwk biar belajar slow gitu. Kebalik ya aku mah. Orang belajar buat stay sama planning, gw malah belajar ngerusak planning. Gw terlalu rigid, kayak abnegation, stiff gitu. Jadi kurang fleksibel dan susah improve mood atau sikon. Poin penting untuk dipelajari.

Seminggu yang lalu juga abis ditohok sama Ibu yang bersihin hostel. Padahal ucapan selewat doank, tapi berasa kek life advice buat gw. Ceritanya gw lupa kalo check out harusnya jam 10, gw malah keasyikan muter-muter dan balik ke hostel jam 10.15. 15 menit doank padahal tapi pas dikasih tau sama resepsionisnya gw langsung panik. Belum packing soale, dan gw ga bisa kan mepet-mepet, tiba-tiba, harus sesuai planning dan terencana sebelumnya. Kesurupan lah gw. Keringetan. Ibunya cuman bilang, "Ojo kesusu mas". Gw langsung nge-freeze. Tertohok. Iya ya. Tetep sih, gw packingnya cepet. Tapi sekarang setiap gw terlalu buru-buru, terlalu fokus sama tujuan dan ga nikmatin proses gw pasti terngiang-ngiang, "Ojo kesusu mas". Ini kayak "It's just a game kak" tahun kemaren. Seneng bisa dapet pelajaran-pelajaran gini, karena ini harta karun yang gw cari di solo travelling. Semacam dapet ilham. 

Udah lah. Perut gw kenapa kayak kembung ini, kemaleman. Ojo kesusu, gpp besok kesiangan trus ketinggalan kereta juga. Tinggal beli besokannya lagi. It's okay to be not okay. Asek. Nyanyi lagunya D.O.

Comments

  1. Random nemu blog ini, disela kesibukan kerja yang gak sibuk-sibuk amat. Sama banget tuh kalau ada janji atau berangkat keluar kota pagi-pagi pasti tiap jam kebangun takut kesiangan haha.
    Dulu malah kalau janjian dan temen telat datang selalu anxiety kumat, mules, mual nih perut. Tapi semakin dewasa semakin bisa jaga mood kalau realita gak sesuai bayangan. So keep spirit...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Book Babble : The Revenge of Seven (Lorien Legacies)

Book Babble : The Young Elites