Hostel

Hostel pertama gw di Bali zonk. Zonk dari fasilitasnya, pelayanannya sampe guest-nya juga. Jadi kalo gw coba cari kronologinya, kayaknya ini hostel udah agak vacuum atau sepi tamu 2 belakangan. Salah gw juga karena baru ngeh kalo review-review bagus itu reviewan tahun 2016 - 2017 sedangkan recent reviewnya dikit banget, dan elek-elek. Sebenarnya kalo fasilitas gw masih bisa okelah ya. Gw anak kampung ga macem - macem, mandi disungai airnya kuning juga ga masalah. Tapi kalo basic necessities kayak listrik, apalagi buat traveller yang punya banyak hal yangs harus dicharge itu wajib banget sih. Masa' pagi-pagi listriknya mati, untung gw prioritasis nge-charge powerbank jadi masih terselamatkan. Locker ga ada gemboknya. Kepikiran gw bakal beli colokan sama gembok sendiri aha deh. Resepsionis atau penjaga hostelnya juga ga standby. Trus dia bohong sama gw. 

Jadi ceritanya gw mau check in jam 11 berhubung udah ngantuk banget dan ga bisa karena tamunya belum check out. Wajar ya, jam 2 kesana lagi dan meja resepsionisnya kosong. Gw tunggu dibawah 20 menit ga muncul2 sampe akhirnya beraniin nanya kerumah sebelah yang gw sangka penginapan juga saking gedenya. Jawaban mbak-nya adalah, "kayaknya udah kosong mas bedplus (nama hostel gw)". Tetoot. "Eh gimana mba?", gw mastiin, "iya, udah ga operasi lagi kayaknya". Untung ada mas - mas juga yang nenangin bilang, "Coba naek aja keatas mas, biasanya banyak yang nongkrong keatas". Ternyata bener, mbaknya nongkrong di public space deket kamar. Udah ga enak feeling-nya. Kok kayak rumah ya, bukan kayak hostel, ga ada tamunya. Ternyata bener! Jadi hostelnya tuh udah sepi banget tamu, cuman beberapa orang ketipu kayak gw yang nginep disitu tapi bukan berarti kosong. Karena ada sekitar 3 orang yang ngekost disitu dan udah lama, berbulan-bulan gitu. Anjay, ini dorm lho, yang satu kamar tempat tidurnya ada sepuluh. Sumpah buat gw, ga nyaman banget karena rasanya kayak maksain tinggal dikostan orang yang ga dikenal. No public space, it was all THEIR space. Dan omongan resepsionisnya yang bilang kalo tamunya belum check out tadi, bohong! Karena ga ada tamu lain selain gw dan jelas-jelas ada 3 tempat tidur kosong dan ga kepake. Tapi gpp, hostel policy. Bandingin sama kamar harian yang dijogja, gw juga early check in dan dibolehin karena emank ada kamar kosong. Jujur itu penginapan jelek banget dan serem banget, gw juga dapet kamar yang pojok dan paling jelek gitu. Kalo pengen nyobain nginep diruko yang ga terurus, kesitu deh. Plester temboknya udah ngelupas dan gimana sih, lantai 2 nya ruko yang ga pernah direnov dari awal. Lantai semen doank selain lantai kamar. Setiap kali ke kamar mandi, gw merinding. Tapi gw betah, karena ibunya ramah. Kamarnya juga sendiri-sendiri sih. Jadi ga perlu basa-basi, karena isinya pun traveller semua. Nginep semalem trus check out. Sepi tapi rame. Gitu-lah.

Jadi memang hostel di Bali ini murah banget sih, dibawah 100rb. Gw jadi tau kalo hostel harga segitu ya berarti cem gini juga jadi siap - siap buat hostel kedua nanti. Sebenarnya yang bikin ga nyaman adalah tamunya sih. Karena feelingnya akan beda ketika ketemu sama traveller dan kost-er. Gw anak kost jadi tau-lah rasanya. Rasa memiliki dan menguasainya tuh beda. Kalo kost-er tuh pasti lebih kayak preman kalo diibaratin. Ini wilayah gw, kamar gw. Iya ga sih? Kalo traveller bakal lebih sopan, lebih terbuka, lebih jaga. Dan gw ketemu sama orang (indo) yang gitu lagi. Yang banyak basa-basi. Yang kepo. Yang (terlalu) perhatian. Yang apa aja dikomenin. Jujur, lebih enak bareng hostel sama bule cowok cewek pada telanjang juga gw milih mereka. Mau berapa lama gw sembunyi ditempat tidur atau diem aja seharian ga ada yang ngomenin.

Yah, itu lah serunya travelling. Udah lama gw ga ketemu sama orang-orang yang kayak gitu. Ngerasain lagi harus basa-basi. Harus talking just for the sake of talking. Bleh. Tapi sekarang mentality-nya udah beda. Ga beban lagi. Gw bisa cabut kalo gw mau cabut. Gw bisa diem kalo gw mau diem. The art of doest give a fuck-nya udah jago. Mungkin gw akan coba semalam lagi. Kalo ga kuat, tinggal lambaikan tangan ke kamera dan check out. Bye.

Comments

Popular posts from this blog

Book Babble : The Revenge of Seven (Lorien Legacies)

Book Babble : The Young Elites

Anxiety & Overthinking